Membuat Smartfren Xtream Plug and Play di Linux Mint 12 Mint | Tutorial Linux Mint Indonesia    
Blog untuk belajar dan berbagi pengalaman menggunakan Linux Mint. Mengutip, meng-copy dan menyimpan dari blog ini diperkenankan bagi siapapun yang menginginkan



Februari 12, 2013

Home » » Membuat Smartfren Xtream Plug and Play di Linux Mint 12 Mint

Membuat Smartfren Xtream Plug and Play di Linux Mint 12 Mint

Admin pernah membuat pos tentang bagaimana mengkoneksikan modem smartfren Xtre@m di linux (khususnya Ubuntu dan turunannya, Linux Mint), namun dalam posting tersebut kita mesti tetap melakukan beberapa langkah (3 langkah) setiap kali kita akan mengkoneksikan modem dengan internet di linux. 

Kali ini admin akan berbagi cara membuat modem smartfren Xtre@m bisa terkoneksi secara otomatis (plug and play), sehingga setelah instalasi kali pertama kita tinggal mengkoneksikan modem dengan usb kemudian tunggu beberapa saat dan tara....otomatis kita langsung bisa terkoneksi dengan internet.


Langkah untuk membuat modem smartfren Xtre@m plug and play adalah:
1. Hubungkan modem smartfren Xtre@m dengan PC/Laptop
2. Buka Terminal / Console (Ctrl+ Alt + T)
3. Ketik command line:
    sudo su
    (perintah agar kita masuk sebagai super user)
    masukkan password root

4. Ketik command line:
    lsusb

Perhatikan bagian bergaris bawah merah pada line T & A Mobile Phones, tidak semua memiliki hasil yang sama (pada PC yang admin gunakan hasilnya 1000).


5. Ketik command line :
    sudo gedit /etc/udev/rules.d/99-usb-modem.rules

6. Isi dengan script berikut (copy paste saja untuk lebih mudahnya):



SYSFS{idVendor}=="1bbb",SYSFS{idProduct}=="011f",RUN+="/usr/bin/eject%k"
#
#
ACTION!="add",GOTO="modprobe_end"
SUBSYSTEM=="usb",ATTRS{idVendor}=="1bbb",ATTRS{idProduct}=="0106",RUN+="/sbin/modprobe usbserial vendor=0x%s{idVendor} product=0x%s{idProduct}",MODE="660",GROUP="dialout"
LABEL="modprobe_end"




Keterangan: Ganti bagian yang berwarna merah sesuai dengan yang ditampilkan saat kita menggunakan perintah lsusb (di PC yang admin gunakan hasilnya 1000)


Kemudian simpan (save)/Ctrl + S


6. Tunggu beberapa saat lalu klik ikon Network Connection di bagian kanan atas (mulai Mint 12 Lisa) biasanya otomatis akan muncul Mobile Broadband, tinggal klik dan koneksi internet siap digunakan. 

Jika kurang jelas untuk langkah keenam ini silahkan klik di sini. (mulai item ketiga)

Selanjutnya untuk menggunakan modem ini kita cukup menghubungkan modem dengan PC/laptop kemudian tunggu beberapa saat (kira-kira 30 detik), lalu klik Network Connection di kanan atas (notifikasi) dan internet siap digunakan.

Keterangan:
Berdasar pengalaman admin, cara di atas hanya berlaku untuk PC/Laptop yang memiliki CD/DVD ROM, sedang yang tidak kita perlu membuka Terminal kemudian mengetikkan command line

sudo eject /dev/sr0 

(untuk kali pertama dilakukan setelah langkah ke 5 dan untuk koneksi selanjutnya dilakukan setelah menghubungkan modem dengan PC/laptop, tunggu beberapa saat baru kemudian klik Network Connection).

Semoga bermanfaat...

Posting Terkait

2 komentar:

  1. Kang Anam, saya sudah berhasil connect, tapi HPnya tidak sekaligus dicharge.
    Apa Anda mengalami kendala yang sama? atau bisa memberi solusi.

    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah, cuma memang biasanya ketika hp kita fungsikan sebagai modem, proses charge memang seperti tidak berjalan (dalam arti ketika selesai, batteray hampir habis), tapi selama hp tidak mati karena kehabisan batteray, saya pikir ga pa2 (biasanya kalo emang mau charge untuk mengisi penuh batteray, kita lakukan seperti biasa/tidak difungsikan sebagai modem)....semoga membantu

      Hapus